• 081276328535
  • smamuhammadiyahbkn@gmail.com
  • Jl. AR. Rahman Saleh Bangkinang

PERPUSTAKAAN PROF.DR.HAMKA

SMA MUHAMMADIYAH BANGKINANG

  • Beranda
  • Sambutan Kepala Sekolah
  • E-book
  • Informasi
  • Berita
  • Profil
  • Area Visitor
  • Daftar Mandiri
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Membangun Ilmu DENGAN PARADIGMA ISLAM
Penanda Bagikan

Text

Membangun Ilmu DENGAN PARADIGMA ISLAM

Prof. DR. H. M. Nazir Karim, MA - Nama Orang;

Setelah hampir dua abad gerakan pembaharuan Islam digulirkan, hasilnya belum dapat mengantarkan umat Islam keluar dari problem keterbelakangan. Umat Islam menurut Ismail Rajil al-Faruqi masih tetap berada pada anak tangga, dan menurut Ahmad Syafi'i Ma'arif adalah komunitas yang terpinggirkan dalam percaturan peradaban dunia.

Penulis buku ini melihat faktor lemah dan hancurnya sistem pendidikan di dunia Islam menjadi faktor dominan menyebabkan umat Islam sulit bangkit dari keterpurukan, apalagi leading bagi peradaban dunia. Selain rendahnya etos keilmuan, lemahnya etos kerja kaum muslimin, penerapan dualisme sistem pendidikan di dunia Islam mempunyai andil besar memperburuk kinerja pengembangan mutu sumber daya umat Islam.

Akar masalah yang menyebabkan dualisme sistem pendidikan di dunia Islam, terletak pada penyerapan dan penerapan pandangan Barat sekuler oleh ilmuan muslim mengenai konsep dikhatomi ilmu yang secara prontal mempertentangkan antara apa yang disebut orang dengan ilmu- ilmu agama dengan apa yang disebut dengan ilmu-ilmu sekuler.

Hasil bersih dari penerapan konsep tersebut, lahir ahli-ahli agama yang merasa asing dari perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, dan sebaliknya lahir pula ilmuan-ilmuan sekuler yang hampa dari jiwa agama (Islam).

Pandangan yang mendikhatomikan ilmu itu harus dilenyapkan, kemudian diganti dengan pandangan yang meyakini pentingnya kesatuan ilmu pengetahuan (the unity of knowledge). Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan sumbangkan pemikiran ke arah itu.


Ketersediaan
#
My Library (200) 297.73 NAZ.m
MUH00250BKN
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
297.73 NAZ.m
Penerbit
Pekanbaru : Suska Prss., 2004
Deskripsi Fisik
132hlm, 14,5 X 21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9798451988
Klasifikasi
297.73 NAZ.m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PROF.DR.HAMKA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN (1401012C0000001)                  

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?